Sunday, April 26, 2015

Apa itu Android ? Inilah Pengertian dan Sejarah Android

Apa itu Android ? Android adalah sistem operasi berbasis linux untuk telepon seluler, misal smartphone atau tablet. Bagi para pengembang dapat membuat aplikasi mereka sendiri karena android merupakan platform terbuka untuk digunakan di berbagai macam perangkat android.
Pada asal mulanya Perusahaan Google membeli Perusahaan Android. Android saat itu adalah pendatang baru yang membuat perangkat lunak untuk ponsel. Untuk mengembangkan android dibentuklah Open Handset Alliance, gabungan dari beberapa perusahaan hardware, software dan telekomunikasi, seperti Google, Intel, Qualcomm, T-Mobile, Motorola, dan Nvidia.
Dikutip dari wikipedia, bahwa pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode“kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar“benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Sejarah singkat yang saya ketahui tentang android semoga dapat membantu anda mengenal apa itu android dengan pengertian dan sejarah android.
Sumber